Eny Khusnul Hartati, S.Pd. M.Pd.

Eny Khusnul Hartati, seorang pendidik yang terlahir dari keluarga sederhana, darah guru mengalir dari ayahnya yang juga seorang guru. Ingin menjadi seseor...

Selengkapnya
Navigasi Web
Demi Asa Aku Rela

Demi Asa Aku Rela

Lomba Menulis Juni 2020 "The Power of Kepekso"

Tantangan Hari ke-117.

Demi Asa Aku Rela.

Media Guru Indonesia, media yang luar biasa. Darimu saya belajar banyak hal. Tantangannya coba kujawab karena saya ingin belajar untuk bisa menjadi penulis handal.

Melewati tantangan demi tantangan dari mulai bingung apa yang bisa saya tulis, tulisan yang kurang menarik sehingga hanya segelintir yang suka dan memberi komentar, tulisan yang amburadul secara tata bahasa, tulisan yang tak bermakna dan tulisan yang biasa-biasa saja.

Selama ini sebelum saya bergabung di MGI, saya hanya bisa nulis dalam sobekan-sobekan kertas yang akhirnya hilang entah kemana. Di facebook pun hanya pasang status-status biasa, tentang kejadian rutinitas.

Menulis buku harian, menulis modul dan PTK, beberapa kali telah saya coba, dan menulis bukupun saya pernah beberapa kali, namun apa yang saya tulis belum terekspose secara luas, hanya untuk kalangan sendiri, masih terbatas pada sekolah dan lingkungan sekitar.

Bergabung di MGI dan Mengikuti tantangan menulis MGl menjadi mesin penggerak untuk saya terus menulis apapun setiap hari tanpa henti, dan MGI membuat saya semakin percaya diri karena begitu banyak virus kebaikan yang menular dalam diri saya khususnya dan seluruh anggota MGI. Kami saling menguatkan satu sama lain, kami saling mendukung. Sebuah perjuangan yang luar biasa untuk terus menulis tanpa henti di tengah kesibukan tugas-tugas sekolah dan rumah tangga.

Perjalanan mengikuti tantangan MGI dimulai tanggal 15 Januari 2020, dan pada hari ke-28, saya terpental dan harus kembali dari awal lagi. Sedih, kecewa bahkan menjadi lesu dan malas seketika itu. Peristiwa ini terjadi saat seluruh aliran listrik padam di wilayah kami dan sekitarnya. Saya biasanya pakai wifi, namun karena listrik padam saya menggunakan paket data. Saya sudah menulis sejak siang hari, dan mencoba untuk dikirim sejak sore hari namun tidak bisa. Pada jam 12.30, tengah malam tulisan baru terkirim di gurusiana. Yang saya tidak paham saya kirim ke facebook pribadi bisa dengan cara copy paste. Mengapa tidak bisa kirim ke Gurusiana?, apakah ada hubungannya listrik mati di wilayah kami atau Gurusiana yang lagi trouble, saya bertanya dengan gurusianer lain namun mereka semua lancar. Saya langsung lemes saat jam mendekati jam 12 malam, dan akhirnya saya terjatuh. Saya lemas dan sempat putus asa, namun rekan-rekan gurusianer memberi semangat dan karena besarnya keinginan saya untuk terus menulis walaupun jatuh harus terus bangkit.

Saat ini saya sudah masuk pada tantangan 365, pada hari ke-117. Berbagai tulisan sudah tayang dari mulai puisi, kolom, reportase, dan juga cerpen. Walaupun tulisan saya belum banyak yang suka dan memberi komentar saya tetap semangat biarlah segalanya memang perlu perjuangan termasuk dalam menulis. Saya sedang berencana untuk membukukan puisi dan cerpen yang sudah saya tayangkan, semoga terwujud. Dan sangat berharap bisa juga membuat novel seperti rekan gurusianer hebat lainnya.

Bersama MGI saya saya ikut partisipasi pada setiap lomba dan baru pada lomba Mei "DiRumahAja" saya lolos di urutan 28 dari 123 pemenang. Bulan Juni saya pun tak mau ketinggalan untuk ikut berpartisipasi ada 4 kegiatan lomba, namun hanya 3 yang memenuhi kriteria, dan lomba Juni yang pertama sudah masuk menjadi peserta, kali ini lomba Juni yang kedua "The Power of Kepekso". Insha Allah, untuk lomba Juni yang ketiga "Cerita Anak", ikut juga. Semoga semakin mengasah saya dalam ketrampilan menulis.

Di tengah kesibukan bekerja, dan beribadah dari rumah karena pandemi covid-19, disamping mengikuti tantangan MGI, saya juga mengikuti diklat mengubah kti jadi buku pada ktidaring2.mediaguru, saat ini buku dalam tahap pra cetak. Pertengahan bulan ini, saya ikut juga diklat editor1mediaguru.

Terus belajar tanpa henti hingga akhir waktu dan ingin menjadi orang yang lebih bermanfaat bagi sesama. Dalam keadaan kepekso kita bisa belajar banyak dan berkarya. Meninggalkan jejak tulisan adalah bentuk penyampaian ilmu yang bermanfaat bagi sesama.

Saya, Eny Khusnul Hartati, S.Pd., M.Pd., seorang guru Bahasa Inggris dari SMAN 1 Kramat Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Saya telah menulis 6 PTK, 7 Jurnal Pendidikan, 2 Best Practice, 4 buku ontologi ber-ISBN, dan 3 buku tunggal ber-ISBN, saat ini masih dalam pra cetak buku tunggal ber-ISBN kti menjadi buku bersama MGI, juga beberapa modul pembelajaran. No WA saya 082548029654 dengan alamat email [email protected].

Kramat, 07062020.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

kereen bun...menginspirssi semangaat

07 Jun
Balas

Terima kasih, semoga kita bisa...

07 Jun

Saya suka tulisan bu

07 Jun
Balas

Terima kasih, salam kenal ibu.

07 Jun

keren perjuangannya ..melas jg hari ke 28 jatuh..tapi bangkit lagi..salut bu..lanjut..demi asa he..he.., salam

07 Jun
Balas

Jatuh bangun...., Pak.

08 Jun

Keren Bu. Salam Literasi.

07 Jun
Balas

Terima kasih, salam juga, Bapak.

07 Jun

Alhamdulillah. Tetap semangat Bu. Semoga sukses selalu

07 Jun
Balas

Aamiin, Insha Allah. Terima kasih, Pak. Sukses buat Bapak juga.

07 Jun



search

New Post